Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia, Anwar Abbas, menanggapi pemberlakuan sertifikasi khatib yang dilakukan  Ikatan Khatib Dewan Masjid Indonesia atau IK DMI. Dia menyambut positif pemberlakuan tersebut. Menurut Anwar Abbas, sertifikat khatib diberlakukan supaya Dewan Masjid Indonesia bisa mengetahui dan memberikan panduan kepada para khatibnya. Menurut Anwar Abbas, Kalau perlu, ormas-ormas yang lain juga melakukan hal serupa.

Anwar juga berharap DMI bisa terus mengelola para khatib yang telah diberikan sertifikat itu. Dengan demikian, mereka dapat bermanfaat dan lebih berkontribusi untuk kemajuan Islam. Selain itu Anwar pun memandang perlunya tema-tema tertentu yang disampaikan oleh para khatib.

Ikatan Khatib Dewan Masjid Indonesia akan memberlakukan sistem dan mekanisme khatib bersertifikat. Ketua Umum IK DMI, Hamdan Rasyid, mengatakan sistem khatib bersertifikat ini tujuannya agar ada ukuran standar untuk para khatib. Dengan begitu, Hamdan berharap kedepan semua khatib bersertifikat. (Khazanah.Republika/Adin)