Kementerian Agama mengimbau umat Islam Indonesia untuk melaksanakan shalat khusuf atau shalat gerhana bulan dan melakukan khutbah. Imbauan itu menyusul adanya kemungkinan gerhana bulan parsial di Indonesia pada Rabu 17 Juli mendatang.

Kemenag bahkan mengeluarkan tuntunan shalat khusuf bagi umat Islam yang belum mengetahuinya.

Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag, Muhammadiyah Amin, mengatakan, berdasarkan data astronomis gerhana bulan parsial tersebut akan terjadi pada Rabu mendatang, tepatnya mulai pukul 3 dinihari waktu indonesia barat.

Menurut dia, hampir seluruh kawasan IndonesIa dapat mengamatl Gerhana Bulan Total tersebut. Sedangkan puncak gerhana akan terjadi pada pukul 4.30 dan akan berakhir sekitar pukul 6 pagi waktu indonesia barat.

Sehubungan dengan itu, bagi kaum Muslim diimbau melakukan sholat sunah gerhana secara berjamaah dan melakukan khutbah, sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW dalam pelaksanaan shalat gerhana.

Sebelum melaksanakan shalat khusuf, Amin juga mengimbau kepada umat Islam untuk bertakbir terlebih dahulu, memperbanyak zikir, istighfar, sedekah, dan amal amal kebajikan lainnya. (Republika/Adin)

 

%d blogger menyukai ini: