Dinas Pendidikan Dayah Aceh memfasilitasi kegiatan forum Mubahasah Bahtsul Masail Ulama Dayah yang diagendakan berlangsung dari tanggal Senin hingga Kamis mendatang di Hotel Al-Hanifi Banda Aceh, Aceh.

Acara yang dibuka pada Senin malam oleh Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Usamah El-Madny ini membahas persoalan mengenai “solusi terhadap legalitas jual beli menggunakan jasa leasing menurut fiqih muamalah” yang selama ini menjadi realitas di tengah masyarakat Aceh.

Kepala Dinas Dayah saat menyampaikan sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan Dayah Aceh sangat mendukung segala aktivitas yang membahas solusi dari persoalan yang dihadapi oleh umat. Bentuk dukungan adalah dengan cara memfasilitasi segala keperluan yang dibutuhkan dalam Mubahasah Bahtsul Masail ini.

Mewakili Gubernur Aceh, Usamah berharap agar forum yang melibatkan orang-orang terpilih dengan latar belakang keilmuan yang berbeda ini dapat menghasilkan suatu rumusan, yang akan menjadi rujukan bersama bagi masyarakat dalam menggunakan lembaga keuangan atau leasing untuk membeli sesuatu.

Kadis Dayah sangat mengapresiasi keterlibatan ulama dayah Aceh dalam Bahtsul Masail. Para ulama dengan latar belakang ilmu-ilmu yang diperoleh di dayah itu dapat membahas persoalan kontemporer. Mulai dari persoalan ibadah, persoalan politik, ekonomi, sosial, dan budaya serta hal-hal yang terkait dalam kehidupan sehari-hari.

Kepala Dinas Dayah melanjutkan, bahwa Bahtsul Masail merupakan tradisi dari para ulama dayah Aceh. Tradisi ini akan terus dirawat bersama sebagai wadah untuk mencari solusi atas persoalan hukum baru yang terjadi di dalam masyarakat. Dinas Pendidikan Dayah Aceh siap membantu dan memfasilitasi tradisi ulama dayah tersebut. (Hidayatullah/Adin)

 

 

%d blogger menyukai ini: