Lembaga bantuan kemanusiaan Turki IHH menyalurkan bantuan berupa bahan pangan kepada lebih dari 3 ribu Muslim Rohingya yang terjebak di Rakhine. Bantuan ini didistribusikan pada Senin (25/09/2017) dan Selasa (26/09/2017) yang lalu.

Bantuan ini diberikan kepada Rohingya yang terjebak di desa Dapaing Thingying Bali dan Dapaing Selatan Bali dekat Ibukota Sittwe. Menurut Anadolu, ini merupakan bantuan pangan pertama yang diterima oleh pengungsi Rohingya di dua daerah tersebut. Hal itu disebabkan karena ketatnya batasan penyaluran bantuan yang diberlakukan oleh pemerintah Myanmar.

Sementara itu, di hari berikutnya, IHH berencana menyalurkan bantuan berupa bahan sandang kepada lebih dari 12 ribu Rohingya. Badan bantuan yang berbasis di Istanbul tersebut juga mengatakan bahwa penyaluran bantuan juga dilakukan di Bangladesh. Di mana, diyakini terdapat sekitar 800 ribu pengungsi Rohingya di sana.

Selain itu, tercatat bahwa hingga saat ini korban kekerasan dari etnis Rohingya yang telah menerima bantuan dari IHH mencapai 165 ribu jiwa baik di Bangladesh maupun yang masih berada di Myanmar.

(kiblat.net)

%d blogger menyukai ini: