Taliban melancarkan serangan terkoordinasi ke sebuah kompleks fasilitas militer Afghanistan di provinsi Kandahar. Sedikitnya belasan tentara Afghanistan ikut terlibat dalam baku tembak sengit. 18 tentara nasional Afghanistan tewas dan 16 lainnya terluka. Sementara sedikitnya empat tentara ditangkap oleh pasukan Taliban saat mereka menyerbu markas militer di distrik Shaw Wali Kot.

Masih di distrik yang sama, Taliban juga menyerbu dua pos pemeriksaan yang menewaskan 35 tentara pemerintah Kabul dan menawan lebih dari tujuh tentara lainnya. Tujuh unit kendaraan lapis baja pengangkut personal termasuk Humvees plus senjata dan amunisi menjadi barang rampasan milik Taliban.

Serangan pada Jumat (19/05/2017) malam menjelang bulan Ramadhan itu merupakan aksi terbaru dari rentetan aksi Taliban lainnya yang menargetkan basis-basis militer dan pos keamanan di Kandahar dalam beberapa pekan terakhir. Sebelumnya pada tanggal 22 Mei 2017 di tempat yang sama, Shaw Wali Kot, serangan Taliban memakan korban 35 tentara tewas dan sebuah markas berhasil mereka dikuasai.

(Kiblat.net)

%d blogger menyukai ini: