Demi mendukung pemerintah Bashar Asad, pesawat tempur Rusia kembali melancarkan serangannya ke daerah kantong Idlib, Rabu (14/02/2018) yang lalu.

Kali ini giliran rumah sakit darurat ‘Sham’ di kawasan Haslandia, Idlib yang jadi sasaran. Akibat serangan tersebut, rumah sakit darurat yang tersisa satu-satunya itu benar-benar tidak berfungsi lagi.

Wartawan Orient-News melaporkan bahwa dua serangan udara Rusia menghantam rumah sakit dengan bom-bom eksplosif tinggi, menghancurkan bangunan tersebut dan melukai beberapa petugas medis.

Rumah sakit darurat ‘Sham’ yang beroperasi adalah pusat kesehatan terakhir yang ada di kawasan tersebut. Rumah sakit itu menyediakan layanan untuk lebih dari 300 orang. Sebelumnya, serangan pemerintah Suriah dan Rusia di pedesaan Idlib baru-baru ini juga menghancurkan dua rumah sakit lainnya di daerah Idlib.

Januari 2018 lalu, Koordinator Regional PBB untuk krisis Suriah mengecam gelombang serangan udara Rusia dan rezim Asad di pusat-pusat medis yang dikuasai pejuang Suriah. Serangan itu oleh PBB disebut telah “merampas hak dasar dan kesehatan ratusan ribu warga”.

(salam-online.com)