Wakil Ketua Majelis Hukum dan Hak Asasi Manusia Muhammadiyah, Maneger Nasution menegaskan bahwa kepolisian harus segera menangani dugaan penodaan agama oleh Joshua Suherman.

Sebab, ia menilai Joshua tidak hanya melakukan tindak pidana, tapi juga pelanggaran Hak Asasi Manusia. Hal ini sebagaimana diungkapkan Maneger dalam keterangan tertulisnya hari Kamis (11/01/2018) kemarin.

Ia juga meminta kepada publik figur, terutama pelawak untuk tidak menjadikan isu sensitif sebagai bahan candaan. Menurutnya, publik khususnya pengguna media sosial, juga perlu betul-betul cerdas menggunakan hak atas kebebasan berpendapat. Jangan sampai penggunaan hak itu melanggar hak orang lain.

Maneger Nasution juga mengajak agar publik menghormati upaya hukum yang dilakukan masyarakat yang telah melaporkan pihak bersangkutan sesuai mekanisme hukum yang tersedia. Ia juga meminta agar masyarakat memberi kesempatan kepada kepolisian untuk merespon dan menyelesaikan kasus tersebut secara independen, profesional, berkeadilan dan transparan dan sesegera mungkin.

(kiblat.net)