Kerajaan Arab Saudi sepenuhnya menolak pernyataan pemerintahan Donald Trump tentang permukiman israel di tepi barat adalah sah. Kementerian Luar Negeri Saudi dengan tegas menolak pernyataan Amerika dan menjunjung hukum internasional.hal ini sebagaimana diungkapkan Kerajaan Saudi dikutip Al Arabiya.

Liga Arab juga mengutuk pernyataan Amerika. Pihaknya menyebut pernyataan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo sebagai perkembangan yang sangat negatif.

Sekretaris Jenderal Liga Arab Ahmed Aboul Gheit mengatakan keputusan tersebut akan menghasilkan lebih banyak kekerasan dan kekejaman terhadap palestina di tangan pemukim Israel.

Langkah revisi posisi pemerintahan Trump pada permukiman telah mendapat kritik internasional. Kantor Hak Asasi Manusia PBB dan Uni Eropa telah menegaskan kembali posisi bersama mereka bahwa permukiman Israel di wilayah Palestina yang diduduki melanggar hukum internasional.

Perwakilan Dewan Legislatif Palestina (PLC) untuk Yerusalem, Bernard Sabella, mengatakan kepada Al Arabiya English bahwa keputusan itu bertentangan dengan hukum dan pemahaman internasional. (Republika/Adin)

%d blogger menyukai ini: