Gerakan Perlawanan Palestina Hamas meminta pemerintah Otoritas Palestina agar mengakhiri semua sanksi yang diberlakukan terhadap Jalur Gaza. Jika tuntutan tersebut tidak dilaksanakan, Hamas mengajukan pembubaran diri dan meminta otoritas hengkang dari Jalur Gaza.

Dalam pernyataan yang disampaikan oleh juru bicara gerakan, Fauzi Barhum, Hamas mengecam tindakan pemerintah yang terus melakukan kebijakan penyesatan dan mempergenting suasana, serta sengaja mengabaikan tuntutan warga di Jalur Gaza dan kebutuhannya.

Barhum mengatakan bahwa kebijakan pemerintah telah menimbulkan kesulitan di semua lini kehidupan di Jalur Gaza. khususnya situasi kesehatan akibat tidak adanya respon pemerintah terhadap kebutuhan rumah sakit dan hak perusahaan-perusahaan kebersihan yang bertugas di dalamnya. Selain itu otoritas Palestina dinilai mengabaikan hak-hak pegawai.

Selain itu Barhum meminta pemerintah berhenti mempermainkan perasaan warga di Jalur Gaza, agar segera melaksanakan seluruh kewajibannya terhadap warga di Gaza dan Tepi Barat, tanpa kecuali.

Barhum mengatakan bahwa gerakan Hamas mendukung semua kalangan dan pihak yang terdampak akibat kebijakan pemerintah, serta mendukung dan menyokong tuntutan mereka dengan segenap kekuatan.

(palinfo.com)