GAZA. Milter Israel mengumumkan, lima roket ditembakkan dari jalur Gaza ke Israel pada Ahad pagi. Ini terjadi setelah pasukan Israel membunuh empat warga Palestina di dekat perbatasan wilayah tersebut saat demonstrasi.

Tidak ada korban yang dilaporkan dalam serangan dan tidak ada kelompok Palestina yang bertanggung jawab atas roket tersebut. Meskipun memang diperkirakan dilakukan sebagai bagian dari pembalasan atas kematian para demonstran.

Saat ini, Mesir juga tengah melakukan upaya mediasi antara keduanya. Sementara, Hamas berjanji untuk menjaga jarak aman dari pagar untuk menghindari meradangnya suasana politik selama negosiasi.

Seorang pejabat senior Hamas, Khalil al-Hayya mengatakan, kelompok tersebut telah menerima tanda positif dari Mesir. Tim Mesir akan kembali ke Israel untuk melanjutkan pembicaraan.

Ribuan warga Palestina berkumpul di dekat pagar perbatasan Israel untuk memperingati satu tahun Aksi Kepulangan Akbar. Sebagian besar demonstran menjaga jarak dari perbatasan.

Namun sekerumunan kecil aktivis dilaporkan mendekati pagar pembatas, dan melemparkan batu, dan bahan peledak ke arah pasukan Israel. Sementara pasukan tersebut menembakkan gas air mata, dan melepaskan tembakkan hingga menewaskan empat warga Palestina, dan melukai 64 orang. (Republika/Adin)