Ribuan orang berkumpul di London pada peringatan ‘Hari Bumi’ dan ulang tahun pertama Great Return March untuk mendukung perjuangan Palestina, Ahad kemarin. Mereka yang ikut aksi dari Forum Palestina di Inggris dari berbagai kelompok dan perkumpulan.

Adnan Hmidan, juru bicara kelompok menyatakan bahwa demonstrasi ini adalah solidaritas dengan Gaza yang melakukan aksi yang sama di perbatasan wilayah jajahan israel.

Para pembicara di rapat umum itu menyerukan keadilan bagi rakyat Palestina dan penghentian blokade selama 12 tahun di Gaza oleh penjajah Israel. Para demonstran juga berbicara menentang upaya untuk melontarkan kritik terhadap Israel sebagai antisemit.

Pembicara lain menyerukan aktivis untuk memastikan gerakan Solidaritas Palestina terus memobilisasi orang, termasuk untuk nasional mei mendatang.

Bahkan sekelompok orang Yahudi juga menghadiri aksi untuk mendukung demonstrasi bagi warga Palestina, sementara kelompok kecil terpisah yang memegang bendera Israel mengadakan protes tandingan. (Islampos/Adin)