Indonesia Humanitarian Center Aksi Cepat Tanggap atau ACT yang berada di Gaza, Palestina, siap menyebarkan ratusan ton pangan ke seluruh wilayah Gaza. Ratusan ton pangan itu diangkut menggunakan 10 truk yang diberangkatkan dari Indonesia Humanitarian Center Gaza.

Ribuan orang yang merupakan masyarakat Gaza dari berbagai latar belakang, telah memenuhi salah satu lapangan di Kota Gaza, pada Senin kemarin. Sebanyak 250 ton pangan siap dikirimkan IHC ACT untuk masyarakat Gaza pada Ramadhan ini. Hal ini sebagaimana diungkapkan relawan ACT di Gaza, Jommah Al Najjar, dalam keterangan tertulisnya Senin kemarin.

Pelepasan keberangkatan truk bantuan kemanusiaan ini dihadiri oleh perwakilan menteri Palestina di bidang sosial pembangunan, kebudayaan, ekonomi, dalam negeri, dan belasan lembaga kemanusiaan lokal. Bantuan pangan tersebut ditargetkan terdistribusi ke seluruh wilayah di Jalur Gaza sampai 10 hari mendatang.

Bantuan pangan  tersebut menjangkau 10 ribu kepala keluarga di Gaza. Salah seorang Tim Global Humanity Response ACT, Andi Noor Faradiba, melaporkan bantuan pangan itu diikhtiarkan menyasar wilayah Gaza Utara, Gaza Tengah, Kota Gaza, Khan Younis, hingga Rafah.

Selain bantuan pangan dari IHC, dukungan Indonesia untuk meredam krisis Palestina juga dilakukan dengan membagikan makanan siap santap sahur dan iftar selama Ramadhan. Para penerima manfaat makanan siap santap sahur dan iftar terdiri dari berbagai kalangan, antara lain warga miskin, anak yatim-piatu, penghuni panti werdha, hingga pasien di Rumah Sakit Indonesia. (Khazanah.Republika/Adin)

%d blogger menyukai ini: