Pihak berwenang Singapura telah melarang film dokumenter tentang perlawanan rakyat Palestina terhadap penjajah Israel. Pelarangan menyusul adanya film berjudul “Radiance of Resistance” menampilkan seorang remaja Palestina, Ahed al-Tamimi yang ditangkap bulan lalu karena menampar tentara Israel.

Film dokumenter berdurasi satu jam itu disutradarai oleh Jesse Roberts, seorang ilmuwan kemanusiaan dan pembuat film Amerika. Rencananya film tersebut akan segera diputar di Singapura dalam Festival Film Palestina.

Namun pada hari Selasa (02/01/2018), Otoritas Pengembangan Media Informasi-Komunikasi Pemerintah membatalkan pemutaran film tersebut. Mereka mengatakan bahwa film tersebut mengeksplorasi konflik Palestina-Israel melalui mata kedua protagonis muda, tanpa penyeimbang.

Otoritas Pengembangan Media Informasi-Komunikasi Pemerintah Singapura mengklasifikasikan film dokumenter tersebut dalam rating “tidak diperbolehkan untuk semua peringkat”.

Adela Foo, selaku penyelenggara festival, mengaku kecewa dengan pembatalan tersebut. Namun pihaknya tidak akan mengajukan banding atas keputusan pemerintah.

(kiblat.net)

%d blogger menyukai ini: