Duta Besar Amerika Serikat untuk Israel dilaporkan telah membuat rakyat Palestina marah setelah ia mengklaim bahwa rezim Israel telah menguasai hanya dua persen wilayah Tepi Barat. Padahal menurut laporan PressTV, Israel telah mengontrol 60 persen wilayah Tepi Barat.

David Friedman mengatakan dalam sebuah wawancara dengan situs berita Israel Walla pada hari Kamis (28/09/2017) yang lalu bahwa permukiman Israel adalah bagian dari Israel. Friedman menambahkan bahwa pemukiman Yahudi tersebut memiliki makna nasionalistik, historis dan religius yang tinggi.

Israel telah menduduki Tepi Barat dalam perang 1967 dan memiliki kontrol penuh atas 60 persen wilayah tersebut. Sementara rakyat Palestina memiliki otonomi yang sangat terbatas terhadap 40 persen sisa wilayah yang dikuasai Israel di tepi barat.

Israel tidak menghentikan pembangunan permukiman ilegal mereka di Tepi Barat yang diduduki, terlepas dari kenyataan bahwa masyarakat internasional menganggap semua pemukiman Israel di Tepi Barat ilegal karena hukum internasional.

(islampos.com)

%d blogger menyukai ini: