Rabu,30 Desember 2015 15;16

SUKABUMI – Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi, menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Penyelengaraan Pemerintahan Bidang Hukum untuk memberikan pemahaman dalam pelaksanaan penyerapan anggaran tahun 2016 mendatang, yang dirasa menakutkan oleh penyelenggara, terkait adanya kebijakan presiden yang salah satunya mencetuskan Nawa Cita. “Pemkot Sukabumi beserta Kejaksaan Negeri (Kejari) dan juga aparat kepolisian, memberikan pemahaman terhadap para pelaksana, untuk tidak ragu dalam melakukan penggunaan anggaran, yang tentunya sesuai dengan aturan,” ujar Asisten Sekretaris Daerah (Asda) 1 Kota Sukabumi, Andri Setiawan kepada Radar Sukabumi selasa (29/12).

Selain itu, dirinya juga menyebutkan bahwa dalam kesempatan rakor tersebut memberikan pemahaman tentang adanya tim Pengawal Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D), yang salah satu fungsinya yaitu mengawal, mengamankan dan mendukung keberhasilan jalannya pemerintahan dan pembangunan melalui upaya pencegahan atau preventif dan persuasif di tingkat daerah. Sehingga pemerintah yang telah mengimplementasikan kebijakan di bidang hukum untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, terutama terkait dengan penyerapan anggaran, pembangunan infrastruktur, dan pembebasan lahan dapat mendorong percepatan anggaran daerah.

“Dengan adanya TP4D ini, baik itu masalah program pembangunan, kemasyarakatan, nantinya dapat terwujud, sehingga Visi dan Misi Kota Sukabumi yang saat ini ada bisa tercapai,” ucapnya.

Sementara itu, di tempat yang sama, Kepala Bidang (Hukum) Setda Kota Sukabumi, Een Rukmini, mengatakan bahwa saat ini untuk memberikan pelayanan dan pelaksanaan program dengan baik, di bidang hukum, masyarakat bisa ikut mengawasi dari keberjalanan program yang dilakukan.

“Lewat Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) dari inspektorat masyarakat bisa melakukan pengaduan dari program yang dilakukan pemerintah. Jadi jelasnya, begitu ada pengaduan dari masyarakat di kemudian hari, masyarakat bisa langsung melaporkan dengan melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan inspektorat,” ungkapnya.

Dirinya juga berharap dengan adanya rakor ini semoga dapat menjadikan sebuah sinergitas dari berbagai pihak sehingga keberjalanan pembangunan Kota Sukabumi bisa berlangsung lancar. (Adin/Salamfm/cr7/d/Radar Sukabumi)

%d blogger menyukai ini: