Rabu, 16 Rabiul-Akhir 1437 H / 27 Januari 2016

SURIAH – Pembicaraan damai Suriah akan dimulai di Jenewa pada Jumat 29 Januari mendatang. Hal tersebut sebagaimana dikatakan oleh utusan PBB, Staffan de Mistura pada konferensi pers di kota Swisspada Senin 25 januari kemarin, kepadaAnadolu Agency.

Pembicaraan sedianya akan dimulai Senin kemarin tetapi tertunda karena adanya perselisihan atas pihak yang akan diundang. de Mistura menyampaikan bahwa Undangan akan dikeluarkan Selasa hari ini, tanpa menyebut kelompok mana yang akan diundang.

Di pihak lain, Turki menentang Partai Uni Demokratik Suriah ikut ambil bagian di sisi oposisi. Perdana Menteri Turki Ahmet Davutoglu mengatakan PYD harus hadir bersama perwakilan dari Presiden Suriah Bashar al-Assad.

PYD berafiliasi dengan PKK, yang didaftar sebagai organisasi teroris oleh Turki, Uni Eropa dan AS karena kampanye bersenjata mereka melawan Turki sejak tahun 1984. Namun, mereka juga terlibat dalam memerangi ISIS di Suriah dengan dukungan kampanye udara yang dipimpin AS.

De Mistura mengatakan konferensi akan fokus pada pengaturan pemerintah sementara, membentuk konstitusi dan pementasan pemilu.

Prioritas pertama adalah gencatan senjata, penyediaan bantuan kemanusiaan serta menanggulangi ISIS.

[Adin/salamfm]

 

 

%d blogger menyukai ini: