Pejuang Suriah berhasil menembak jatuh sebuah pesawat tempur Rusia jenis SU-25 di kota Saraqeb, provinsi Idlib. Kementerian pertahanan Rusia mengonfirmasi hal itu dan menyatakan pilot pesawat tewas.

Salah seorang pejuang Suriah mengatakan, bahwa pilot ditembak saat hendak melepaskan tembakan dengan pistol kepada pejuang yang berusaha menangkapnya hidup-hidup.

Pejuang merilis gambar pilot yang tergeletak di samping batu, selain video yang menunjukkan puing-puing pesawat yang terbakar. Beberapa bagian termasuk sayap pesawat terlempar jauh dari tempat jatuhnya pesawat.

Pejuang juga mengatakan bahwa pesawat Rusia itu menyerang rombongan warga sipil yang berada di jalan raya ketika melarikan diri. Serangan pesawat itu disebut telah menewaskan tujuh warga selain meninggalkan korban luka.

Rusia pada tahun 2015 meluncurkan sebuah kampanye militer untuk mendukung sekutunya, Bashar Assad. Pesawat tempur dan helikopter dikerahkan sehingga mengubah jalannya pertempuran yang hampir dimenangkan pejuang oposisi. Tak jarang, serangan udara Rusia menargetkan warga sipil.

Sebelumnya, pejuang Suriah pernah menembak jatuh pesawat-pesawat Suriah. Pada bulan Agustus 2016 pejuang di Idlib menembak jatuh sebuah helikopter Rusia dan menewaskan lima tentara Rusia di dalamnya. Sedikitnya tujuh pesawat Rusia juga dihancurkan oleh pejuang di pangkalan udara Khmeimim di Suriah pada 31 Desember 2017.

(kiblat.net)