Faksi-faksi oposisi Suriah yang beroperasi di Suriah utara, Senin kemarin telah meluncurkan serangan besar-besaran terhadap militer Suriah dan milisi sekutunya di pedesaan Hama utara. Operasi gabungan ini untuk merebut wilayah-wilayah yang terlepas dalam beberapa hari terakhir.

Media lokal melaporkan bahwa serangan itu diluncurkan dari berbagai poros di pedesaan Hama utara. Di antaranya, poros Al-Hamayat, Kafr Nabudah dan Al-Jabin.

Pertempuran ini melibatkan seluruh faksi yang beroperasi di Suriah utara. Faksi-faksi kawasan tersebut, beberapa hari lalu, membentuk ruang operasi bersama.
Di antara faksi besar yang bergabung dalam ruang operasi itu, Hai’ah Tahrir Al-Syam, Jabhah Wathaniyah lit Tahrirdan Jaisyul Izzah.

Sumber pejuang Free Syrian Army mengatakan bahwa serangan pada Senin itu sudah direncanakan beberapa hari lalu. Operasi ini baru bisa dilaksanakan setelah bantuan pasukan dan logistik serta amunisi tiba.
Berdasarkan peta kontrol, militer rezim memfokuskan operasinya di Sahl Al-Ghab dan Jabal Syahsyu. Wilayah ini telah diincar Rusia sejak 2018. (Kiblat/Adin)

%d blogger menyukai ini: