Koordinator PBB untuk urusan perundingan damai di Timur Tengah, Niclay Mladinov menegaskan, perundingan politik antara Palestina dan Israel berdasarkan resolusi-resolusi PBB harus digulirkan. Ia memperingatkan, situasi di kota Al-Quds Jerusalem akan berubah dari konflik nasionalisme menjadi konflik agama.

Dalam sidang Dewan Keamanan PBB kemarin Selasa (24/07/2017), Mladinov mengisyaratkan, permukiman Israel illegal berdasarkan hukum internasional dan merusak peluang perdamaian.

Terkait Gaza, koordinator PBB ini menyerukan kepada Israel agar mengambil langkah tegas untuk membuka blokade dari warga Palestina di sana.

Sementara itu, delegasi Palestina di PBB, Riyadl Mansour memperingatkan akan terjadi hal yang sama yakni beralihnya konflik dengan Israel menjadi konflik agama karena Israel terus melakukan tindakan illegal di masjid Al-Aqsha.

Dubes Palestina ini mengatakan, perilaku Israel yang bernuansa permusuhan dan pelanggarannya terhadap status quo bersejarah di Masjid Al-Aqsha dan Al-Quds akan mencapai antiklimaksnya karena menyentuh kepada hal-hal sensitive dalam agama dan bisa berubah menjadi titik ledakan.

(Pusat Informasi Palestina)

%d blogger menyukai ini: