Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina atau UNRWA, mengatakan situasi sosial dan ekonomi di Jalur Gaza kian memburuk. Blokade Israel menjadi penyebab utama hal tersebut.

Direktur Operasi UNRWA di Gaza, Matthias Symele mengatakan bahwa situasi sosial dan ekonomi di Gaza bergerak dari buruk menjadi lebih buruk.

Menurutnya, blokade Israel yang telah berlangsung selama 12 tahun merupakan penyebab utama memburuknya situasi di Gaza. Blokade telah menyebabkan tingkat pengangguran yang lebih tinggi, keruntuhan ekonomi, dan pembatasan perdagangan bebas.

Menurut Biro Pusat Statistik Palestina, jumlah pengangguran di Gaza terus meningkat setiap tahunnya. Pada 2018, persentase pengangguran di sana mencapai 52 persen dari total populasi sekitar dua juta orang. Jumlah tersebut meningkat delapan persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Baru-baru ini, Program Pangan Dunia PPB atau WFP, melaporkan bahwa Gaza rawan pangan. Hal itu mempengaruhi setidaknya dua pertiga penduduk di sana. (Republika/Adin)

%d blogger menyukai ini: