Faksi oposisi Suriah yang aktif di Ghautah Timur di pedesaan Damaskus, Faylaq Ar-Rahman, melaporkan telah menggagalkan sebanyak 31 kali upaya serangan militer Suriah dalam dua pekan terakhir.

Juru bicara Faylaq, Wai’l Ulwan, pada Ahad (02/07/2017) kemarin, mengatakan bahwa pasukan Basyar Assad mengintensifkan serangan udara dan mortar ke Ghautah Timur dalam upaya tersebut. Oposisi melakukan upaya perlawanan sekuat mungkin dan berhasil menimbulkan kerugian besar untuk musuh.

Ulwan melanjutkan, serangan pasukan Suriah itu berlangsung sejak tanggal 20 Juni 2017 hingga Sabtu, 1 Juli 2017. Pergerakan pasukan darat suriah terfokus di front timur laut kota dan tenggara kota Jaubar di Gahutah Timur.

Ulwan menegaskan bahwa pejuangnya berhasil menggagalkan puluhan upaya pasukan Suriah itu. Militer Suriah terpantau menggunakan dua kali gas klorin dalam serangannya.

Hal tersebut diperkuat dengan laporan media-media oposisi yang memperlihatkan para korban mengalami sesak nafas. Menurut oposisi, serangan dengan senjata terlarang itu diluncurkan karena militer rezim gagal berulang kali menyerbu Ghautah Timur.

(Kiblat.net)

%d blogger menyukai ini: