Rabu, 28 Dzulqo’dah 1437 H / 31 Agustus 2016 / 11;10

FILIFINA – Filipina menghentikan penerbitan paspor haji untuk jamaah yang akan berpergian ke Arab Saudi, di tengah skandal seratusan jamaah haji dari luar negeri yang berusaha memanfaatkan kuota haji negara tersebut.

Pada Selasa kemarin, Sekretaris Departemen Luar Negeri (DFA) Perfecto Yasay kepada wartawan di Manila menyatakan bahwa, ia telah mengeluarkan perintah untuk menunda penerbitan paspor sambil menunggu hasil penyelidikan.

Sebelumnya pada 19 Agustus lalu, sekitar 200 orang asing dan 177 orang Indonesia dan 10 warga Malaysia, dihentikan menaiki penerbangan ke Arab Saudi setelah mereka ditemukan memiliki paspor Filipina.

Sebagaimana dilansir Anadolu Agency, polisi mengatakan bahwa, kebangsaan jamaah semakin jelas ketika mereka tidak mampu berkomunikasi dalam salah satu bahasa Filipina.

Para jamaah kemudian mengakui bahwa mereka merupakan jamaah yang menggunakan kuota haji Filipina yang diberikan oleh pemerintah Arab Saudi karena jatah kuota Indonesia sudah tidak tersedia lagi.

Yasay mengatakan ratusan jamaah haji asing tersebut memperoleh paspor secara ilegal melalui kontak dengan urusan konsuler di Manila, yang kemudian telah dibebaskan dari tugasnya.

{Adin/Salamfm/Islampos}

%d blogger menyukai ini: