Sekitar seribu lebih tokoh Palestina dari kalangan akademisi, asosiasi dan politisi dari berbagai negeri di Eropa meminta agar blokade Gaza yang sudah berlangsung sejak sebelas tahun yang lalu, segera diakhiri. Tuntutan ini mereka tuangkan dalam bentuk tanda tangan yang dibentangkan menuntut para pimpinan di PLO agar segera bertindak.

Yang bertanda tangan dalam aksi ini menganggap Israel bertanggung jawab penuh atas kondisi kemanusiaan di Gaza. Mereka mengutuk kebijakan pemerintahan Otoritas Palestina Ramallah terhadap warga Gaza. Kolaborasi mereka dengan Israel dalam menghukum Gaza merupakan langkah Israel dalam memberangus proyek nasional Palestina.

Di akhir tuntutanya, mereka menuntut  PLO untuk bergerak secepatnya berinisitif menghentikan kebijakan pemerintah Otoritas Palestina di Ramallah dan berbicara dengan pihak-pihak internasional untuk mengakhiri blokade Gaza secara permanen.

Dari dimensi hukum mereka minta Israel dihadapkan ke pengadilan internasional sebagai penjahat perang yang telah menyebabkan ratusan warga Palestina meninggal syahid sepanjang tahun sebagai bentuk pelanggaran mereka atas kesepakatan Jenewa ke 4.

(Melayu.palinfo.com)

%d blogger menyukai ini: