Majelis Ulama Indonesia mengeluarkan fatwa tentang haramnya perilaku memborong dan menimbun kebutuhan pokok termasuk masker. Sebab, jelas MUI, perilaku tersebut dapat menyebabkan terjadinya kerugian bagi masyarakat umum. Hal ini sebagaimana disampaikan Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Ni’am Sholeh dalam konferensi pers di Kantor MUI, Jakarta, Senin kemarin.

Fatwa ini merupakan salah satu poin ketentuan hukum pada Fatwa Nomor 14 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Ibadah dalam Situasi Terjadi Wabah Covid-19 tersebut.

Niam menambahkan, MUI melalui fatwa ini merekomendasikan pemerintah untuk wajib melakukan pembatasan super ketat terhadap keluar masuknya orang dan barang ke dan dari Indonesia, kecuali petugas medis dan barang kebutuhan pokok serta kebutuhan emergency atau darurat.

Kepada umat Islam, MUI mewajibkan mendukung dan menaati kebijakan pemerintah yang melakukan isolasi dan pengobatan terhadap orang yang terpapar Covid-19, sehingga penyebaran virus tersebut dapat dicegah.

Oleh karena itu MUI juga menghimbau kepada  masyarakat untuk menerima kembali orang yang dinyatakan negatif dan atau dinyatakan sembuh. (Hidayatullah/Adin)

%d blogger menyukai ini: