Lima Sunnah Yang Sering Ditinggalkan

Sunnah adalah segala sesuatu yang diriwayatkan dari Rasulullah shalallahu alaihi wasallam baik perkataan, perbuatan, ataupun persetujuan. Sunnah juga berarti sesuatu yang pelakunya mendapat pahala dan tidak ada dosa bagi yang meninggalkannya.

Nah perlu diketahui bahwa banyak sekali sunnah atau kebiasaan Rasulullah shalallahu alaihi wasallam yang mesti kita ketahui. Dan yang lebih menyedihkan lagi, ada beberapa sunnah Rasulullah shalallahu alaihi wasallam yang sering ditinggalkan oleh kaum muslimin karena ketidaktahuan. Apa saja sunnah Rasulullah shalallahu alaihi wasallam yang sering ditinggalkan kaum muslimin tersebut?

Yang pertama, Mendahulukan Kaki Kanan Saat Memakai Sandal Dan Kaki Kiri Saat Melepasnya.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiallahu anhu bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda.

“Jika kalian memakai sandal maka dahulukanlah kaki kanan, dan jika melepaskannya, maka dahulukanlah kaki kiri. Jika memakainya maka hendaklah memakai keduanya, atau tidak memakai keduanya sama sekali.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Ini merupakan hal yang sangat mudah dilakukan tapi sering dianggap sepele. maka, sudah seharusnya kita membiasakan untuk melakukannya.

Kemudian yang kedua, Menjaga Dan Memelihara Wudhu.

Diriwayatkan dari Tsauban radhiallahu anhu bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda.

“Istiqamahlah kalian semua dalam menjalankan perintah Allah, dan kalian tidak akan pernah dapat menghitung pahala yang akan Allah berikan. Ketahuilah bahwa sebaik-baik perbuatan adalah shalat, dan tidak ada yang selalu memelihara wudhunya kecuali seorang mukmin. (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

Kemudian, sunnah yang ketiga adalah  Bersiwak atau Menggosok Gigi dengan Kayu Siwak.

Diriwayatkan dari Aisyah radhiallahu anha bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda.

“Siwak dapat membersihkan mulut dan sarana untuk mendapatkan ridha Allah.” (HR. Ahmad dan an-Nasa’i)

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam juga bersabda.

“Andai kata tidak memberatkan umatku niscaya aku memerintahkan mereka untuk bersiwak setiap kali hendak shalat.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Bersiwak disunnahkan setiap saat, tetapi lebih sunnah lagi saat hendak berwudhu, shalat, membaca Al-Qur`an, saat bau mulut berubah, baik saat berpuasa ataupun tidak, pagi maupun sore, saat bangun tidur, dan saat hendak memasuki rumah.

Bersiwak merupakan perbuatan sunnah yang hampir tidak pernah dilakukan oleh banyak orang. Untuk itu. alangkah bagusnya jika kita mulai membiasakan mengerjakan sunnah yang hampir punah ini. yakni dengan bersiwak menggunakan kayu siwak. insya Allah, kita akan mendapatkan pahala karena menghidupkan sunnah Rasulullah shalallahu alaihi wasallam.

Kemudian yang keempat, Berdoa Saat Memakai Pakaian Baru.

Diriwayatkan dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiallahu anhu ia berkata.

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam jika mengenakan pakaian baru, maka beliau menamai pakaian itu dengan namanya, baik itu baju, surban, selendang ataupun jubbah, kemudian beliau membaca.

اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ كَسَوْتَنِيهِ أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَا صُنِعَ لَهُ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا صُنِعَ لَهُ

“Ya Allah, hanya milik-Mu semua pujian itu, Engkau telah memberiku pakaian, maka aku mohon kepada-Mu kebaikannya dan kebaikan tujuannya dibuat, dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya dan keburukan tujuannya dibuat.” (HR. Abu Dawud dan at-Tirmidzi)

Dan yang terakhir, Mengucapkan Salam Kepada Semua Orang Islam Termasuk Anak Kecil.

Diriwayatkan dari Abdullah bin Amru radhiallahu anhu, ia menceritakan.

Seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah shalallahu alaihi wasallam, ‘Apa ciri keislaman seseorang yang paling baik?.’ Rasulullah shalallahu alaihi wasallam menjawab. ‘Kamu memberikan makanan kepada orang yang membutuhkan, dan mengucapkan salam kepada orang yang kamu kenal dan orang yang tidak kamu kenal.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Juga Diriwayatkan dari Anas radhiallahu anhu bahwa ia menuturkan.

“Rasulullah shalallahu alaihi wasallam berjalan melewati kumpulan anak-anak, lalu beliau mengucapkan salam kepada mereka semua.” (HR. Muslim)

Namun faktanya, banyak kaum muslimin yang merasa sungkan untuk mengucap salam. jangankan kepada orang yang tidak dikenal, untuk mengucapkan salam kepada orang yang sudah dikenal pun kadang malas. apalagi kepada anak-anak yang dianggap remeh.

Itulah lima sunnah Rasulullah shalallahu alaihi wasallam yang sering ditinggalkan oleh kaum muslimin dalam kehidupan sehari-harinya. Semoga kita diberi kemudahan untuk menjaganya dan mengamalkannya dalam kehidupan kita.

Semoga bermanfaat.