Damaskus, Suriah – Liga Arab menekankan bahwa tidak ada konsensus di antara negara-negara anggota untuk menerima kembali Suriah. Keanggotaan Damaskus di Liga Arab dibekukan menyusul tindakan represif rezim kepada demonstran yang berujung pada perang yang hingga saat ini belum berakhir.

Sekretaris Jenderal Liga Arab sekaligus mantan Menteri Luar Negeri Mesir, Ahmed Aboul Gheit, mengatakan dalam kunjungannya ke Beirut bahwa belum ada konsensus menerima kembali Suriah menjadi anggota persatuan Negara Arab itu.

Liga Arab dijadwalkan mengadakan pertemuan puncak bersama para pemimpin negara-negara anggota pada akhir Maret di Tunis.

Wacana mengaktifkan kembali keanggotaan Suriah di Liga Arab menguat menyusul banyak kemenangan yang diraih rezim dalam pertempuran dengan oposisi. Dukungan Rusia dan Iran menjadi ujung tombak kemenangan tersebut.

Wacana itu semakin menguat setelah Uni Emirat Arab secara mengejutkan membuka kembali kedutaannya di Damaskus. Beberapa Negara anggota Liga Arab juga menyatakan ingin mengikuti jejak UEA. (kiblat/admin)

%d blogger menyukai ini: