Korban tewas global dari wabah virus Corona melebihi 11 ribu kematian ketika episentrum pandemi bergeser ke Eropa dan Amerika. Penyakit yang disebabkan oleh virus, yang dikenal sebagai COVID-19, telah menginfeksi lebih dari 245 ribu orang di seluruh dunia. Hampir 80 persen dari kematian terjadi di tiga negara paling parah di dunia – Cina, Italia dan Iran.

Kota Wuhan di Cina, tempat virus pertama kali terdeteksi, telah mulai kembali stabil dan pulih. Dicatat selama dua hari terakhir tidak ada kasus baru muncul di kota tersebut. Cina masih di peringkat pertama secara keseluruhan, dengan lebih dari 80 ribu kasus, lebih dari 71 ribu di antaranya dinyatakan sehat dan dipulangkan.

Negara itu telah melonggarkan beberapa pembatasan perjalanan di Hubei, provinsi di sekitar Wuhan, meskipun perbatasan provinsi tetap ditutup dan Wuhan sendiri masih terkunci. Para pejabat mengatakan mereka hanya akan mencabut karantina Wuhan setelah berjalan 14 hari berturut-turut tanpa ada kasus baru.

Sementara itu, jumlah kematian Italia dari wabah melampaui jumlah kematian yang tercatat di Cina pada hari Kamis.

Beberapa negara Eropa, termasuk Belgia, Prancis, Italia dan Spanyol, telah memberlakukan karantina. Argentina juga mengatakan melakukan penguncian  dari Jum’at hingga 31 Maret dalam upaya untuk mengendalikan virus. (Voa-islam/Adin)