Ketua Ikatan Ulama dan Da’i ASEAN KH. Zaitun Rasmin, menyatakan persatuan merupakan suatu yang sangat penting dalam ajaran Islam dan juga menjadi salah satu kebutuhan manusia dalam hidup.

Karena itu, terangnya, Multaqo Ulama dan Da’i se-Asia Tenggara, Eropa, dan Afrika yang berlangsung di kota Padang saat ini kembali mengangkat tema tentang persatuan ummat.

Zaitun mengungkapkan, walaupun terdapat perbedaan dan ancaman perpecahan, seperti yang terjadi di negara-negara Arab sekarang. Selama semua pihak mau untuk duduk bersama dan berkomunikasi, Wakil Sekjen Majelis Ulama Indonesia ini yakin persatuan umat bisa diwujudkan.

Terhadap perbedaan, Zaitun mengajak, agar semua pihak saling memahami dan toleran.

Ia juga menegaskan, jika ada yang perlu saling mengingatkan, menasihati, bahkan mengkritik. Hal ini juga perlu dibuka peluangnya, tentu tetap dengan cara-cara yang santun, sehingga kemudian ini menjadi sinergi dan tidak kontra.

Zaitun mengaku, sangat optimis ummat Islam dapat bersatu melalui acara seperti Pertemuan Ulama dan Dai Internasional. Dikarenakan peserta yang datang dari berbagai tempat dan latar belakang.

(Arrahmah.com)

%d blogger menyukai ini: