Kedutaan Besar Republik Indonesia atau KBRI untuk Arab Saudi di Riyadh menyampaikan sejumlah imbauan kepada warga negara Indonesia khususnya yang berada di Saudi, terkait upaya pencegahan wabah virus corona asal China. KBRI Riyadh mengimbau seluruh WNI di Arab Saudi untuk sementara waktu tidak melakukan perjalanan ke Kota Makkah, Madinah, dan Qatif. Hal ini sebagaimana imbauan resmi KBRI di Riyadh Senin kemarin.

Untuk menghindari kendala dalam perjalanan keluar dan masuk ke Arab Saudi, KBRI Riyadh juga mengimbau WNI agar untuk sementara tidak menggunakan maskapai penerbangan dari sejumlah negara. Yaitu negara Uni Emirat Arab, Kuwait, Bahrain, Libanon, Suriah, Korea Selatan, Mesir, Italia, dan Irak. Adapun maskapai-maskapai yang diimbau untuk sementara tidak digunakan WNI, sebut KBRI Riyadh, yaitu Emirates, Etihad Airways, Kuwait Airways, Gulf Air, dan Egypt Air.

Selain itu, KBRI Riyadh juga mengimbau WNI di Saudi perlu berhati-hati dalam menerima dan menyebarkan informasi terkait virus corona. Mengingat ancaman bagi penyebar hoax di Arab Saudi yang sangat tinggi, yaitu denda 3 juta riyal dan penjara 5 tahun.

KBRI menyampaikan imbauan-imbauan tersebut menyusul kebijakan Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi terkait upaya pencegahan virus corona. Menurut KBRI Riyadh, sampai imbauan itu dikeluarkan, jumlah individu di Saudi yang terjangkit virus corona tercatat menurut Kementerian Kesehatan Saudi sebanyak 15 orang. (Hidayatullah/Adin)

%d blogger menyukai ini: