Selasa, 15 Rabiul-Akhir 1437 H / 26 Januari 2016

JAKARTA – Organisasi Kerjasama Islam (OKI) pada Sabtu lalu mengumumkan bahwa Jakarta akan menjadi tuan rumah KTT Islam Khusus pada tanggal 7 Maret mendatang untuk membahas perkembangan terakhir isu Palestina dan kota Al-Quds.

Sebelumnya, pada Agustus tahun lalu, Kerajaan Maroko dinyatakan akan menjadi tuan rumah KTT Khusus tersebut namun OKI kemudian meralat dan akan dipindah ke Jakarta. OKI sendiri menyambut baik kesiapan Jakarta tersebut.

Sekjen OKI, Eyad Amin Madani selama dua hari terakhir melakukan pembahasan intens dengan Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi dan Menlu Palestina Riyad Maliki untuk membahas persiapan KTT soal Palestina dan Al-Quds tersebut. Panitia persiapan pun sudah dibentuk.

KTT Khusus ini digelar sebagai respon permintaan presiden Mahmud Abbas agar di level negara Islam dan internasional berinisiatif mendukung rakyat Palestina dan berusaha memberikan perlindungan internasional serta membuat mekanisme dan kesepakatan untuk mengakhiri penjajahan zionis Israel di Palestina serta mendirikan negara Palestina merdeka dengan ibukota Al-Quds di perbatasan jajahan tahun 1967.

[Adin/Salamfm/Pusat Informasi Palestina]

%d blogger menyukai ini: