Siroh Nabawiyah – Pembaca yang semoga dirahmati Alloh, ketika Nabi Shollallohu ‘alaihi wassallam masih berada di tengah periode dakwah yang akan menerobos jalan antara pencapaian kesuksesan dan penindasan, sementara secercah harapan mulai tampak dari kejauhan negeri Yatsrib, maka terjadilah peristiwa Isra` dan Mi’raj. Mengenai kapan waktu terjadinya, masih terdapat perbedaan pendapat di kalangan para ‘Ulama. Namun yang kuat peristiwa Isra’ dan Mi’raj terjadi setelah wafatnya Khadijah Rodhiyallohu ‘anha, pada bulan Ramadlan tahun 10 dari kenabian. Beliau Rodhiyallohu ‘anha ini wafat sebelum datangnya wahyu yang mewajibkan shalat lima waktu sementara tidak ada perselisihan pendapat di kalangan para ‘Ulama bahwa shalat lima waktu diwajibkan pada malam Isra`.

Para ‘Ulama hadits meriwayatkan rincian dari peristiwa menakjubkan tersebut. Imam Ibnu al-Qayyim al-Jauziyah Rohimahulloh berkata, ‘Menurut riwayat yang shahih bahwa Rosululloh Shollallohu ‘alaihi wassallam diisra`kan dengan jasadnya dari al-Masjid al-Haram menuju Baitul Maqdis dengan mengendarai al-Buroq, ditemani oleh Jibril ‘alaihimassalam. Lalu beliau Shollallohu ‘alaihi wassallam singgah di sana serta menjadi imam shalat bagi para Nabi, lalu menambat al-Buroq pada pintu masjid. Kemudian pada malam itu (pula), beliau Shollallohu ‘alaihi wassallam di-mi’raj-kan dari Baitul Maqdis menuju langit dunia. Jibril meminta agar pintu langit dibukakan untuk beliau Shollallohu ‘alaihi wassallam lalu terbukalah pintunya. Di sana, beliau melihat (Nabi) Adam, bapak manusia. Beliau Shollallohu ‘alaihi wassallam beri salam kepadanya lantas dia menyambutnya dan membalas salam tersebut serta mengakui kenabian beliau Shollallohu ‘alaihi wassallam. Selain itu, Alloh juga menampakkan kepada beliau Shollallohu ‘alaihi wassallam ruh-ruh para syuhada dari sebelah kanannya dan ruh-ruh orang-orang yang sengsara dari sebelah kirinya.

Kemudian beliau Shollallohu ‘alaihi wassallam di-mi’raj-kan lagi ke langit ke-dua. Jibril meminta agar dibukakan pintunya untuk beliau Shollallohu ‘alaihi wassallam. Di sana beliau Shollallohu ‘alaihi wassallam melihat Nabi Yahya bin Zakariya dan ‘Isa bin Maryam ‘alaihimassalam, lalu menjumpai keduanya dan memberi salam. Keduanya menjawab salam tersebut dan menyambut beliau Shollallohu ‘alaihi wassallam serta mengakui kenabian beliau Shollallohu ‘alaihi wassallam.

Kemudian beliau Shollallohu ‘alaihi wassallam di-mi’raj-kan lagi ke langit ke-tiga. Di sana beliau Shollallohu ‘alaihi wassallam melihat nabi Yusuf ‘alaihissalam lalu memberi salam kepadanya. Dia membalasnya dan menyambut beliau Shollallohu ‘alaihi wassallam serta mengakui kenabian beliau Shollallohu ‘alaihi wassallam. Kemudian di-mi’raj-kan lagi ke langit ke-empat. Di sana beliau Shollallohu ‘alaihi wassallam melihat Nabi Idris ‘alaihissalam lalu memberi salam kepadanya. Dia menyambut dan mengakui kenabian beliau Shollallohu ‘alaihi wassallam. Kemudian beliau Shollallohu ‘alaihi wassallam di-mi’raj-kan lagi ke langit ke-lima. Di sana beliau melihat Nabi Harun bin ‘Imran ‘alaihissalam lalu memberi salam kepadanya. Dia menyambut dan mengakui kenabian beliau Shollallohu ‘alaihi wassallam.

Kemudian beliau di-mi’raj-kan lagi ke langit ke-enam. Di sana beliau bertemu dengan Nabi Musa bin ‘Imran ‘alaihissalam lalu memberi salam kepadanya. Dia menyambut dan mengakui kenabian beliau Shollallohu ‘alaihi wassallam. Tatkala beliau Shollallohu ‘alaihi wassallam hendak berlalu, Nabi Musa ‘alaihissalam menangis. Ketika ditanyakan kepadanya, ‘apa yang membuatmu menangis?’. Dia menjawab, ‘Aku menangis karena rupanya ada seorang yang diutus setelahku tetapi umatnya yang masuk surga lebih banyak dari umatku’. Kemudian beliau Shollallohu ‘alaihi wassallam di-mi’raj-kan lagi ke langit ke-tujuh. Di sana beliau bertemu dengan Nabi Ibrahim ‘alaihissalâm lalu beliau Shollallohu ‘alaihi wassallam memberi salam kepadanya. Dia menyambut dan mengakui kenabian beliau Shollallohu ‘alaihi wassallam. Kemudian beliau Shollallohu ‘alaihi wassallam naik ke Sidratul Muntaha, lalu al-Bait al-Ma’mur dinaikkan untuknya.

Kemudian beliau Shollallohu ‘alaihi wassallam di-mi’raj-kan lagi menuju Alloh ‘Azza wa Jalla. Beliau Shollallohu ‘alaihi wassallam mendekat kepada-Nya hingga hampir benar-benar dekat. Lalu Dia ‘Azza wa Jalla mewahyukan kepada hamba-Nya ini dengan wahyu, mewajibkan kepadanya 50 waktu shalat. Beliau Shollallohu ‘alaihi wassallam lalu kembali hingga melewati Nabi Musa ‘alaihissalam. Dia lalu bertanya kepada beliau Shollallohu ‘alaihi wassallam, ‘Apa yang diperintahkan kepadamu?’. Beliau Shollallohu ‘alaihi wassallam menjawab, ‘50 waktu shalat’. Dia berkata, ‘Umatmu pasti tidak sanggup melakukan itu, kembalilah ke Rabb-mu dan mintalah keringanan/dispensasi untuk umatmu!’. Beliau Shollallohu ‘alaihi wassallam menoleh ke arah Jibril seakan ingin memintakan pendapatnya dalam masalah itu.

Dia mengisyaratkan persetujuannya jika beliau Shollallohu ‘alaihi wassallam memang menginginkan hal itu. Lalu Jibril membawa beliau Shollallohu ‘alaihi wassallam naik lagi hingga membawanya ke hadapan Alloh Ta’alaa, al-Jabbar sedangkan Dia Ta’alaa berada di tempatnya -ini adalah lafazh al-Bukhori pada sebagian jalur periwayatannya- . Lalu Dia Ta’alaa meringankannya menjadi 10 waktu shalat.

 Kemudian beliau Shollallohu ‘alaihi wassallam turun hingga kembali melewati Nabi Musa ‘alaihissalam lagi lantas memberitahukan perihal tersebut kepadanya. Dia berkata kepada beliau Shollallohu ‘alaihi wassallam, ‘Kembalilah lagi kepada Rabb-mu dan mintalah keringanan!’. Beliau Shollallohu ‘alaihi wassallam masih ragu-ragu antara mengikuti saran Nabi Musa ‘alaihissalam dan meminta keringanan kepada Allah ‘Azza wa Jalla hingga akhirnya Dia Ta’alaa menjadikannya 5 waktu shalat. Nabi Musa ‘alaihissalam kemudian memerintahkan beliau Shollallohu ‘alaihi wassallam agar kembali kepada Rabb dan memintakan keringanan lagi. Lalu beliau Shollallohu ‘alaihi wassallam menjawab, ‘Aku malu kepada Rabb-ku akan tetapi aku rela dengan hal ini dan berserah diri’. Setelah beliau Shollallohu ‘alaihi wassallam menjauh, datanglah suara memanggil, ‘Engkau telah menyetujui fardlu-Ku dan Aku telah memberikan keringanan untuk para hamba-Ku’. Sampai di sini penjelasan Ibnu al-Qayyim al-Jauziyah Rohimahulloh dalam kitabnya Zaad al-Ma’ad’.

Kemudian Imam Ibnu al-Qayyim al-Jauziyah Rohimahulloh menyinggung perbedaan persepsi seputar ru`yah (penglihatan) beliau Shollallohu ‘alaihi wassallam terhadap Rabb-nya Tabaraka wa Ta’alaa. Dia Rohimahulloh juga menyebutkan ucapan Ibnu Taimiyyah Rohimahulloh mengenai hal ini, yang inti dari pendapat-pendapat yang disebutkannya tersebut menyatakan bahwa ru`yah (melihat Alloh Ta’alaa) dengan mata telanjang sama sekali tidak valid. Pendapat semacam ini tidak pernah diucapkan oleh seorang shahabatpun. Sedangkan nukilan yang berasal dari Ibnu ‘Abbas Rodhiyallohu’anhuma tentang ru`yah beliau Shollallohu ‘alaihi wassallam secara mutlak dan ru`yah beliau dengan hati, pendapat pertama ini tidak menafikan pendapat kedua.

Selain itu Imam Ibnu al-Qayyim al-Jauziyah Rohimahulloh juga berkata bahwa, “firman Alloh Ta’alaa di dalam surat an-Najm (artinya), “Kemudian dia mendekat lalu bertambah mendekat lagi”. Ungkapan ‘mendekat’ di sini bukan yang dimaksud di dalam kisah Isra`. Ungkapan ‘mendekat’ yang terdapat di dalam surat an-Najm tersebut adalah ‘mendekat dan bertambah mendekat’-nya Jibril sebagaimana yang dikatakan oleh ‘Aisyah dan Ibnu Mas’ud Rodhiyallohu ‘anhuma. Arah pembicaraan di dalam ayat tersebutpun mendukungnya.

Sedangkan ‘mendekat dan bertambah mendekat’ yang ada pada cerita Isra` adalah jelas sekali menyatakan ‘mendekat dan bertambah mendekat’-nya Rabb Tabaraka wa Ta’alaa. Di dalam surat an-Najm tidak menyinggung tentang hal itu bahkan di sana terdapat penegasan bahwa beliau Shollallohu ‘alaihi wassallam melihat Jibril dalam rupa aslinya yang lain di Sidratul Muntaha. Jadi, Malaikat Jibril telah dilihat oleh Nabi Muhammad Shollallohu ‘alaihi wassallam sebanyak dua kali dalam rupa aslinya, pertama di bumi dan kedua di Sidratul Muntaha. Wallahu a’lam.

Pembaca yang semoga dirahmati Alloh, demikianlah perjalanan lengkap Rosululloh Shollallohu ‘alaihi wassallam dalam peristiwa Isra’ dan Mi’raj yang telah dirangkum oleh Imam Ibnul Qoyyim al-Jauziyah Rohimahulloh dari banyak riwayat yang shohih. Mudah-mudahan kita dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari peristiwa menakjubkan tersebut sehingga bertambahlah keimanan dan ketakwaan kita kepada Alloh Ta’alaa.  Wallohu a’lam… (red/admin)

%d blogger menyukai ini: