Rabu, 10 Sya’ban 1437 H / 18 Mei 2016 / 09.02

Turki – Ketua Badan Bantuan Kemanusiaan atau IHH Turki, Bulent Yildirim, mengatakan bahwa pendapatan nasional di Jalur Gaza turun sampai setengahnya.

Bulent juga menyebutkan bahwa kenaikan tingkat pengangguran mencapai 50 persen dan kemiskinan menjadi 80 persen akibat blokade Israel. Penduduk Gaza hidup dalam penjara terbuka akibat blokade Israel.

Hal tersebut disampaikan Bulent dalam konferensi pers yang digelar hari Senin kemarin di kantor utama IHH Turki di Istanbul. Dalam kesempatan tersebut ia menyampaikan laporan seputar berlanjutnya blokade yang diberlakukan Israel terhadap Jalur Gaza.

Ketua IHH Turki menegaskan bahwa blokade yang diberlakukan terhadap Jalur Gaza telah memasuki tahun kesepuluh. Situasi orang-orang Palestina dalam kondisi hidup yang sulit. Dia memperingatkan bahwa blokade tidak hanya menghancurkan infrastruktur ekonomi dan politik saja, namun menghancurkan harmoni sosial, mencabik-cabik keluarga dan menambah tingkat kekerasan.

Dia menambahkan, 44% penduduk kehilangan keamanan pangan. Sementara 80% penduduk bergantung kepada bantuan kemanusiaan yang dikirim kepada mereka dari luar Jalur Gaza.

(Adin/Salamfm/Pusat Informasi Palestina)

%d blogger menyukai ini: