Pengungsi Rohingya di Bangladesh yang kini diperkirakan mencapai 800 ribu jiwa lebih, telah mendapat bantuan dari Negara donor. Badan Kerjasama dan Koordinasi Turki hingga kini terus membagikan makanan kepada 25 ribu muslim Rohingya yang mengungsi di Bangladesh setiap harinya.

Penanggung Jawab Pengadaan Badan Kerjasama dan Kordinasi Turki, Mustafa Karaset mengatakan, mereka telah membagikan bantuan makanan setiap hari selama tiga bulan untuk pengungsi di dekat Cox’s Bazar. Hal tersebut dilakukan sesuai dengan instruksi Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Karaset mengatakan, lembaganya memasak 1 ton daging sapi atau ayam dan 1 ton beras untuk 5 ribu keluarga atau sekitar 5 ribu orang setiap harinya.

Pembagian makanan dimulai pukul 10 waktu setempat setiap hari dan berlangsung sekitar 2 jam. Hampir semua kebutuhan makanan keluarga untuk sehari terpenuhi dengan makanan yang dibagikan. Pembagian makanan dilakukan secara sistematis di bawah kendali tentara Bangladesh. Muslim Rohingya juga dipekerjakan dalam proses distribusi.

(islampos.com)