Gerombolan yahudi, menebangi sekitar 200 pohon zaitun milik warga Palestina, dekat desa Mughir, Ramallah timur, Tepi Barat pusat ahad pekan lalu.

Menurut sumber di lokasi, para pemukim zionis dari permukiman Adhi Aad, yang berada di kawasan desa tersebut, menembangi pepohonan zaitun milik warga Palestina, Husain Abu Aliya. Tak hanya itu mereka juga mencabuti bibit zaitun dan menyembunyikannya dalam tanah.

Para pemukim yahudi yang difasilitasi pemerintah Israel, terus-menerus melakukan beragam kejahatan terhadap warga Palestina dan harta benda milik mereka. Disaat yang bersamaan, mereka mendapatkan perlindungan dari pasukan zionis Israel.

Penjajah Israel terus melakukan upaya untuk memperluas wilayah pendudukannya di Tepi Barat. Menurut perundingan OSLO tahun 1993, wilayah Tepi Barat dibagi menjadi 3 kawasan. Kawasan A berada dalam kendali otoritas Palestina secara administrasi dan keamanan. Wilayah B berada dalam kendali penjajah Israel secara administrasi dan keamanan. Sedangkan wilayah C termasuk di dalamnya kota Al-Quds berada dalam pengawasan internasional.

Namun pada faktanya, wilayah A yang berada dalam kendali otoritas Palestina tetap tak memiliki kedaulatan, semua prosedur harus mendapat ijin dari penjajah Israel. (Melayu.Palinfo/Adin)

 

%d blogger menyukai ini: