Faksi-faksi oposisi Suriah, menggelar operasi serangan balasan di front pedesaan Hama utara. Sejumlah lokasi dan desa yang sebelumnya direbut oleh militer Suriah berhasil diambil alih.

Juru bicara faksi yang berafiliasi pada Free Syrian Army, Yusuf al-Hamud, mengatakan bahwa faksi-faksi oposisi Suriah melancarkan serangan balik pada garis pasukan rezim Suriah dan milisi Iran yang mendukung mereka. Serangan itu mengakibatkan kerugian nyawa, kerusakan kendaraan dan peralatan tempur militer pemerintah.

Media suriah melaporkan bahwa serangan balik itu berhasil merebut kembali desa Syariah dan Bab Ath-Thaqah sepenuhnya. Para aktivis menambahkan, pejuang terus maju dan terlibat pertempuran di pinggiran kota Kafr Nabudah dalam upaya merebutnya.

Pada bagiannya, Hai’ah Tahrir Al-Syam mengumumkan operasi militer menargetkan tentara rezim di kota Kafr Nabudah. Ini merupakan serangan balasan untuk merebut kembali kota strategis di pedesaan Hama utara itu.

Pasukan Assad mengambil kendali Kafr Nabuda Rabu lalu setelah bentrokan sengit dengan faksi-faksi pejuang oposisi. Jatuhnya kota tersebut disusul dengan lepasnya kontrol kota Qal’ah Al-Mudhayyaq dan tiga kota lainnya di Hama barat. Jet Rusia dan rezim terus membombardir dari udara sehingga tidak memungkinkan pejuang bertahan.

Faksi-faksi militer di Suriah utara, Jumat, mengumumkan ruang operasi militer bersama untuk menghadang serangan rezim dan sekutunya terhadap zona demiliterisasi. (Kiblat/Adin)

 

%d blogger menyukai ini: