Selasa, 14 Jumadil Awwal 1437 H / 23 Februari 2016

ALEPPO – Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa Jatuhnya kota Azaz di Aleppo akan menyebabkan munculnya pengungsi dan masalah keamanan baru bagi Turki.

Sebagaimana dilansir oleh Orient Net, pada Ahad 21 Febuari lalu, Erdogan mengatakan kepada Obama dalam panggilan telepon yang berlangsung selama 80 menit pada 19 Februari lalu bahwa Unit Perlindungan Rakyat atau YPG, pasukan milisi Partai Uni Demokratik Suriah, dan Asad yang didukung oleh Rusia telah bekerja sama.

ketika Obama menegaskan kembali seruan AS untuk menghentikan penembakan terhadap milisi Kurdi oleh Angkatan Bersenjata Turki, Erdogan menjawab bahwa tujuan mereka bukan melawan ISIS. Jika Azaz jatuh, Turki akan menghadapi masalah migrasi dan masalah keamanan yang serius. Jika Asad, Rusia dan YPG mematuhi kesepakatan yang dicapai di Munich, maka penembakan artileri akan berhenti.

Presiden Turki merujuk pada kesepakatan gencatan senjata 12 Februari yang dicapai oleh 17 negara yang tergabung dalam International Syria Support Group atau ISSG di Munich.

{Adin/Salamfm/Arrahmah}

%d blogger menyukai ini: