Kamis, 24 Shofar 1438 H/ 24 November 2016 14.55

 

JAKARTA—Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR Rofi Munawar meminta Pemerintah Indonesia bersikap tegas atas insiden kekerasan terhadap Muslim Rohingya di Myanmar.

Rofi menilai, sebagai negara yang bertetangga dengan Myanmar, Indonesia seharusnya lebih bersikap proaktif untuk mendorong nilai-nilai perdamaian dan penyelesaian konflik yang bermartabat melalui program diplomasi maupun forum-forum internasional.

Menurut Rofi, Tragedi di Myanmar tersebut tidak bisa dilepaskan dari persoalan kawasan ASEAN. Karena sebagaimana diketahui, eksodus besar-besaran pengungsi Rohingya di akhir 2015 menjadi persoalan yang berdampak langsung terhadap negara-negara sekitarnya.

Tahun lalu, Pemerintah Indonesia sudah melakukan langkah-langkah mediasi terkait Rohingya. Rofi meminta sebaiknya pemerintah mengingatkan kembali komitmen negara tersebut.

Sebelumnya, rangkaian bentrokan kembali terjadi antara pasukan militer Myanmar dengan sekelompok Muslim Rohingya di wilayah utara Rakhine pada akhir pekan lalu.

Insiden tersebut menewaskan sebanyak 28 warga Muslim Rohingya serta dua tentara Myanmar.

Salam FM_Sy_Islampos.com

%d blogger menyukai ini: