Kementerian Agama menyatakan bahwa pengurusan visa jamaah haji tahun ini akan semakin cepat. Sebab, proses visa lebih dari 200 ribu jamaah yang biasanya terpusat di Jakarta, tahun ini cukup dilakukan di Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi.

Sehingga, menurut Kemenag, Kanwil tidak perlu mengirim paspor jamaah ke Jakarta untuk pengurusan visa. Begitu pula dalam pengkloteran. Hal ini sebagaimana diungkapkan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Nizar pada acara Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Profesional yang digelar Kanwil Kemenag Provinsi Banten kemarin.

Menurut Nizar, tahun ini pihaknya juga akan melakukan peningkatan sarana dan prasarana pelayanan haji. Caranya, dengan merevitalisasi Asrama Haji baik Asrama Haji Transit, Antara maupun Asrama Haji Embarkasi dan Debarkasi. Kemenag juga katanya terus membangun Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu.

Nizar mengatakan, dahulu jamaah haji ketika mendaftar haji harus mondar mandir antara Kemenag Kabupaten kota dan Bank. Menurutnya, dengan layanan terbaru One Stop Services, jamaah haji tidak perlu mondar mandir. (Hidayatullah/Adin)