Bangladesh – Pejabat Bangladesh dan pemimpin pengungsi mengatakan bahwa Cina menjanjikan uang sebesar 6 dolar amerika, untuk para pengungsi Rohingya yang mau kembali ke Rakhine.

Sekjen Masyarakat Arakan Rohingya untuk Perdamaian dan Hak Asasi Manusia, Syed Ullah mengatakan bahwa dirinya menolak tawaran Cina dan menegaskan tidak akan kembali jika tidak diberi kewarganegaraan dengan identitas Rohingya.

Seorang pejabat Bangladesh, yang menghadiri pertemuan itu, mengatakan delegasi Cina telah menawarkan hingga 6 ribu dolar bagi pengungsi untuk membangun kembali rumah mereka di Rakhine.

Pemerintah Cina menawari mereka uang, sehingga setiap keluarga Rohingya dapat membangun rumah mereka sendiri ketika kembali. Namun Pejabat Bangladesh itu mengatakan tidak mungkin bagi para pengungsi membangun rumah mereka sendiri. Sebab, kata dia, kebanyakan mereka kehilangan lelaki dalam keluarga akibat tindakan kekerasan militer.

Kedutaan Cina di Dhaka tidak merespons permintaan untuk mengklarifikasi persoalan ini.

Munshi Fayez, mantan duta besar Bangladesh untuk Beijing, mengatakan Cina tergerak untuk berbicara dengan para pengungsi untuk melindungi Myanmar dari tekanan internasional.

Fayez juga mengatakan Cina akan mendapatkan keuntungan ekonomi dari repatriasi tersebut. (arrahmah/admin)

%d blogger menyukai ini: