Amerika serikat dan Afghanistan memperkirakan kekuatan Taliban di Afghanistan berjumlah minimal 60.000 pejuang.  Hal ini sebagaimana dilansir The Long War Journal, Rabu (31/01/2018) kemarin.

Pada tahun 2014, pejabat Amerika serikat mengatakan kepada media bahwa jumlah pejuang Taliban di Afghanistan sekitar 20.000 orang. Empat tahun kemudian, seorang pejabat pertahanan Amerika serikat mengatakan bahwa kekuatan Taliban saat ini sedikitnya 60.000. Itu menandai kenaikan yang pesat dari perkiraan sebelumnya.

Sebagian alasan peningkatan kekuatan Taliban adalah integrasi antara Taliban dan kelompok militan Islam yang terpisah yang dikenal dengan sebutan jaringan Haqqani. Integrasi Haqqani dan Taliban telah menjadi begitu kuat sehingga banyak pengamat tidak lagi memandang mereka sebagai entitas yang terpisah, namun sebagai faksi dalam kelompok yang sama.

Taliban mengaku melakukan serangan yang oleh pemerintah Amerika Serikat dan Afghanistan dituduhkan kepada Jaringan Haqqani. Pernyataan pimpinan jaringan Haqqani secara rutin dirilis oleh Voice of Jihad, lengan media resmi Taliban.

(jurnalislam.com)