Sebuah konvoi bantuan internasional berhasil mengirimkan bantuan pangan dan kemanusiaan ke daerah oposisi yang dikepung pasukan pemerintah Syiah Suriah di dekat Damaskus. Bantuan tersebut yang pertama kali didistribusikan untuk mencapai Ghouta Timur Suriah sejak akhir November 2017 kemarin.

Konvoi tersebut mengirimkan pasokan bagi lebih dari 7.000 warga sipil untuk sebulan. Hal ini sebagaimana dikatakan direktur Program Pangan Dunia PBB untuk Suriah, Jakob Kern, kepada Aljazeera hari Rabu (14/02/2018).

Sembilan truk bantuan mengirimkan paket makanan, tepung, obat-obatan, bantuan nutrisi dan obat-obatan, sebagaimana diungkap oleh Bulan Sabit Merah Suriah, yang membantu mengorganisir konvoi tersebut.

Markas Besar PBB di New York mengatakan, walaupun konvoi tersebut telah mengirimkan bantuan yang sangat dibutuhkan, penduduk Ghouta Timur masih memerlukan lebih dari satu konvoi karena wilayah tersebut telah lama terkepung.

Pasokan bantuan ke daerah-daerah yang terkepung di Suriah menjadi masalah yang terus berlanjut. Seringkali, ketika ada truk bantuan yang dijinkan masuk, pasokan diambil dari truk oleh pemerintah Suriah.

(jurnalislam.com)