Duta Besar India untuk Indonesia, Pradeep Kumar Rawat membatalkan rencana pertemuan dengan Majelis Ulama Indonesia dan 61 ormas Islam di kantor MUI, Jalam Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis sore. Pertemuan ini sedianya akan membahas konflik yang terjadi di India yang memakan korban dari kalangan umat Islam.

Menurut Wakil Ketua Umum MUI Muhyiddin Junaidi, menjelaskan bahwa sebenarnya pihak kedutaan sendiri yang menentukan waktu pertemuan. Ia pun menceritakan kronologis rencana pertemuan Dubes India dengan sejumlah ormas Islam itu. Bermula dari Dubes India mengirimkan surat ke MUI guna mengadakan pertemuan silaturahmi dengan pimpinan MUI mengenai kondisi umat Islam di India. Hal ini diungkapkan Muhyiddin di hadapan perwakilan 61 Ormas Islam di Gedung MUI Pusat, Jakarta Pusat, Kamis sore kemarin.

Muhyiddin melanjutkan, pihak kedutaan besar India meminta pertemuan diundur hingga pukul  lima sore. Akan tetapi satu setengah jam sebelum jadwal pertemuan yang dijanjikan, dubes India mengatakan sedang berada di luar kota. Ditambahkan, pihak kedutaan besar berkilah tidak bersedia datang dengan alasan keamanan.

Pradeep meminta agar pertemuan diadakan di kantor Kementerian Luar Negeri. Meski tidak jadi dihadiri pihak kedutaan besar India, pertemuan MUI dengan ormas-ormas Islam tetap dilanjutkan dan membahas berbagai hal tentang kondisi umat Islam di India. (Kiblat/Adin)

%d blogger menyukai ini: