Pemerintah Kabupaten Aceh Barat secara tegas melarang perayaan Valentine Day karena tidak sesuai dengan budaya masyarakat Aceh dan ajaran agama Islam. Pemkab Aceh melarang tegas perayaan Valentine Day yang selama ini diperingati kalangan anak muda setiap 14 Februari setiap tahunnya. Selain itu juga karena peringatan tersebut tidak pernah dikenal sebelumnya di Aceh.

Bupati Aceh Barat Ramli MS meminta masyarakat agar melaporkan ke pihak berwajib jika mendapati ada yang melakukan perayaan tersebut. Bupati pun mengimbau setiap pedagang atau pelaku usaha di daerah tersebut supaya tak menjual pernak-pernik yang tidak sesuai dengan aturan syariat Islam yang berlaku di Aceh. Bagi pedagang yang melanggar juga akan diberlakukan sanksi tegas.

Untuk kalangan guru, Bupati meminta mereka supaya memberi imbauan dan menasihati anak didiknya agar tidak mengikuti budaya yang tidak sesuai dengan ajaran agama Islam, termasuk Valentine Day tersebut.

Demi menerapkan aturan tersebut supaya bisa berjalan, Bupati Ramli MS akan membicarakan hal itu dengan sejumlah unsur pimpinan daerah di Aceh Barat. Harapannya, aturan ini menjadi perhatian penuh semua pihak. (Hidayatullah/Adin)