BANDA ACEH – Kehadiran Muslim Rohingya kedaratan Aceh beberapa waktu yang lalu, telah mengundang perhatian dari banyak pihak. Baik dari dalam maupun luar negeri.

Kini para pengungsi Rohingya telah tinggal di tempat yang layak, dengan menempati shelter-shelter yang telah disiapkan.

Bantuan demi bantuan masih terus mengalir kepada mareka sampai dengan saat ini. Seperti hal nya yang dilakukan oleh Pengurus Wilayah Dewan Da’wah Aceh, Ahad (17/01/2016).

Bertempat di shelter Gampong Blang Adoe, Kec. Kuta Makmur, Kab. Aceh Utara, rombongan yang terdiri dari Ketua Dewan Dakwah Aceh Tgk Hasanuddin Yusuf Adan, Sekteratis Umum Said Azhar dan Ketua Bidang Sosial Zulfikar Tijue itu manyalurkan bantuan berupa uang tunai Rp.100 ribu kepada masing-masing pengungsi dengan total bantuan berjumlah Rp.10 juta. Penyaluran tersebut di pandu oleh Ketua LSM Tanda Seru Lailan F Saidina, yang juga merupakan Sekretaris Umum Dewan Dakwah Kota Lhokseumawe.

Berdasarkan pantauan di lapangan, tambah Tgk Hasanuddin, para pengungsi sudah berkurang. Banyak diantara mareka yang sudah kembali ke Malaysia untuk bekerja. Ada pula yang sudah menikah dan mempunyai anak. Sedangkan untuk kebutuhan makan sehari-hari masih di tanggung oleh IOM. Beberapa lembaga lain juga melakukan pembinaan pengajian dan ketrampilan, seperti yang dilakukan Darut Tauhid.

“Dewan Da’wah Aceh berharap bantuan yang sedikit ini akan bermanfaat bagi mareka untuk dapat menutupi kebutuhan-kebutuhan lain dari para penggungsi yang mungkin tidak dapat dipenuhi oleh pihak IOM. Dewan Dakwah Aceh juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah membantu Muslim rohingya tersebut. Semoga mareka akan dapat hidup normal seperti sedia kala,”tutup Tgk Hasanuddin.

[Adin/Salamfm/Ahmad/Cholis Akbar/Hidayatulloh]

%d blogger menyukai ini: